Keamanan Web, Karir TI Yang Keren!

Salah satu kajian yang paling menantang dalam ilmu komputer adalah kemanan sistem informasi (SI). Kajian ini merupakan salah satu pilihan topik penelitian dan diberikan dalam bentuk mata kuliah.

Keamanan SI memiliki beberapa istilah, antara lain information security, cyber security, dll. Banyak perusahaan dan instansi membutuhkan orang-orang yang jago security karena semakin hari media online semakin tidak tertolak lagi penggunaannya, termasuk yang melibatkan data-data penting yang rawan pencurian.

Sementara itu, tak sedikit orang yang suka mencoba membobol suatu sistem opnline, baik yang hanya iseng maupun yang dilakukan secara profesional. Karena inilah orang-orang yang jago security sangat dibutuhkan.

Analoginya, semakin banyak penjahat, maka polisi harus semakin banyak dan cerdas. Begitu juga dalam dunia maya, semakin banyak aplikasi online, kemungkinan semakin banyak penjahat online; semakin banyak penjahat online, maka harus semakin banyak polisi-polisi online yang sangat mumpuni di bidang Information Security.

Keamanan web merupakan bagian dari information security. Bahkan web juga bisa dibagi lagi menjadi sekelas web blog dan Media Sosial (MedSos). Gambaran riilnya dari kemanan web itu kita bisa mengingat web KPU yang sangat diguncang kekhawatiran bahwa ada data Pemilu yang di-hack, bahkan dimanipulasi. Dengan demikian, KPU menghadirkan pakar kemanan SI di persidangan.

Gambaran sederhananya, salah satu keamanan web itu adalah password, yang memiliki beberapa karakteristik:

  1. Huruf yang diketik tidak muncul, tapi hanya bulat-bulat hitam
  2. Huruf yang diketik dan disimpan, ada yang bisa dibaca di database, ada juga yang dienkripsi sehingga kita tidak tahu password yang disimpan. Kita ngetik satu huruf, tapi tersimpannya bisa lebih dari 5 huruf.
  3. Dll.

Nah, itu salah satu yang pernah aku pelajari tentang keamanan Web. Nanti, semoga bisa berbagi tentang kemanan web lebih teknis dan prospek kerjanya. Yang jelas, bidang ilmu ini bisa jadi bahan Skripsi (S1) atau tesis (S2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *