Perpustakaan Digital

STMIK Jabar terus berbenah diri, salah satunya dengan membangun perpustakaan online (lib.stmik-jabar.ac.id). Langkah ini diharapkan akan menjadi titik awal menuju perpustakaan digital yang lebih memprioritaskan pada penyediaan referensi-referensi tentang Teknologi Informatika dan Sistem Informasi.

Dengan perpustakaan online, para pengguna perpustakaan, terutama mahasiswa minimal dapat mencari referensi dari mana pun selama ada koneksi internet, misal dari rumah masing-masing, luar kota, dan tempat lainnya.

Awalnya, perpustakaan dikembangkan oleh perpustakaan Kementerian Pendidikan Nasional. Sekarang, dikembangkan oleh komunitas pustakawan, setiap orang berhak untuk berkontribusi. Prinsip pemasarannya antara lain: release early, release often, dan mendengarkan pemakai.

Secara umum, perpustakaan terbagi menjadi tiga bagian, yakni Pengolahan (pengadaan), Sirkulasi (peminjamanan dan pengembalian), dan Referensi (hanya boleh dibaca di tempat).

Semoga perpustakaan STMIK Jabar bisa terwujud menjadi perpustakaan digital yang mencerdaskan bangsa, terutama melek Informatika. Salam Literasi! (Agus, S.Kom., Pustakawan STMIK Jabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *